Timponan, Pesona Air Terjun di Lombok Barat

Timponan merupakan sebuah nama air terjun di Lombok Barat yang memiliki keindahan mempesona yang tidak boleh dilewatkan bagi Anda penyuka petualangan dan jelajah alam.

Siapa sangka jika wisata di Lombok memiliki eksotisme alam yang berbeda, yakni air terjun. Lombok memiliki beberapa air terjun yang indah yang dapat Anda kunjungi. Salah satu air terjun di Lombok Barat adalah air terjun Timponan. Pesona air terjun ini sangat menggoda dan sayang jika Anda lewatkan. Lombok merupakan pulau populer tempat berlibur sebagian besar wisatawan yang menginginkan liburan yang menyenangkan dan memberikan efek healing. Sebagian besar wisatawan yang pergi ke Lombok biasanya mencari keindahan pantai yang eksotis. Namun, berkunjung ke wisata alam lain seperti air terjun juga merupakan pilihan yang menyenangkan.

air terjun dilombok barat

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun ini, pertama Anda harus menuju dusun Punikan yang merupakan bagian dari desa Batu Mekar, daerah Lombok Barat. Dari kota Mataram, Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor sekitar 1 jam perjalanan. Dari dusun Punikan, air terjun di Lombok Barat ini hanya dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor roda dua atau berjalan kaki sejauh 5 km dengan trek yang cukup sulit. Jalannya berkelok dan menanjak ditambah banyak debu tanah serta sempit sehingga jika ada sepeda motor yang berpapasan, salah satunya harus mengalah dan berhenti terlebih dahulu. Jalur yang cukup sempit ini merupakan jalur yang ramai karena digunakan warga untuk akses membawa hasil kebun mereka. Trek ini juga populer dilkalangan pesepeda yang ingin menjajal track yang berbeda.

air terjun timponan lombok barat

Begitu kita sudah mendekati lokasi air terjun di Lombok Barat ini, kita akan disambut dengan tanjakan terjal yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki. Anda harus siapkan tenaga ekstra untuk trekking di sini. Jalannya akan terus menanjak yang tentunya akan menguras energi Anda dengan cepat. Setelahnya, kita akan menemukan jalur berupa turunan tajam yang cukup ekstrem sebeum akhirnya sampai disebuah sungan dengan air terjun yang menakjubkan dengan ketinggian sekitar 30 meter. Dikelilingi oleh hutan yang rimbun, air terjun Timponan ini terlihat sangat epik dengan ketinggiannya, seolah membelah hutan hijau yang menaunginya. Suasananya yang sejuk dan damai menjadikan tempat ini tempat pilihan warga sekitar untuk melakukan piknik. Lengkap dengan bekal makan siang dan sebagainya. Airnya yang jernih sangat mempesona, sampai-sampai kita bisa melihat batuan di dasar sungainya, sebuah pemandangan yang sulit di dapat di kota besar di pulau Jawa.

Pada saat musim kemarau, debit air terjun di Lombok Barat ini menipis, namun akan memberikan kesan tenang. Pada musim hujan, debit airnya akan bertambah membuat aliran sungai yang mengalir di bawahnya menjadi lebih deras. Jika kita sampai, jangan lupa sempatkan duduk-duduk di atas batu besar untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan untuk melepas penat setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai tempat yang eksotis ini.

Keberadaan air terjun di Lombok Barat ini memang masih berupa tempat wisata lokal yang belum tersentuk pembangunan. Tidak ada biaya masuk dan biaya parkirnya pun sangat murah. Akan sangat disayangkan jika para pengunjung di air terjun ini tidak memperhatikan kebersihan lingkungan. So, jangan sampai Anda membuang sampah sembarangan di sini ya. Selain tidak enak dipandang, sampah juga termasuk salah satu pencemaran lingkungan yang serius loh. Jangan rusak alam indah kita, lebih baik kumpulkan sampah yang kita hasilkan dan membuangnya di tempat sampah terdekat. Selamat berlibur dan jaga selalu kebersihan lingkunganmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *