Pusat Oleh-oleh di Lombok

Pusat oleh-oleh di lombok berbagai tempat yang menjual oleh-oleh khas lombok, dan berbagai barang khas lombok

Salah satu pulau yang sekarang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Pulau Lombok. Pulau Lombok sendiri memiliki banyak potensi wisata yang menarik perhatian bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu liburan mereka. salah satu yang tentunya tidak boleh dilewatkan adalah dengan mengunjungi pusat oleh-oleh di lombok. Karena lombok memiliki banyak makanan khas yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh ketika sedang menghabiskan waktu wisata Lombok. Ada banyak sekali makanan yang bisa anda pilih dan kemudian dibeli untuk orang-orang dirumah. Selain makanan, anda juga dapat membeli aneka macam kerajinan tangan yang berasal dari pulau Lombok.

Ada banyak pilihan kerajinan tangan yang sangat khas dari Lombok.

Berikut ada berbagai pusat oleh-oleh di lombok yang bisa anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh :

Sukarara

Jika anda ingin membeli berbagai jenis kain nusantara maka sebaiknya anda pergi ke sukara yang ada di lombok. Sukarara sendiri adalah sebuah desa yang ada di kecamatan Jonggot, kabupaten Lombok tengah. Sukarara sendiri adalah sentra penghasil kain songket yang merupakan khas lombok.

Kain songket sendiri adalah kain yang dibuat dengan alat tradisional tetapi keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang yang membeli kain songket lombok sebagai oleh-oleh khas dari Lombok.

itempat tersebut anda dapat melihat wanita asli lombok dalam membuat kain khas lombok tersebut dengan alat tenun tradisional mereka. harga yang mereka tawarkan untuk satu kain songket kisaran dari harga seratus ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera dan juga anggaran yang anda miliki. Selain kain songket, sukarara juga memproduksi tenun ikat.

desa sukarara

Sekarbela

Pusat oleh-oleh di lombok selanjutnya adalah sekarbela. Tempat ini adalah tempat yang sudah sangat terkenal terutama bagi mereka peminat dan pecinta perhiasan mutiara khas lombok. Adanya di desa sukarbela yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota mataram. Banyak toko yang berjejeran sepanjang jalan sultan kaharudin. Ada banyak pilihan perhiasan seperti kalung, gelang, anting hingga cincin yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. semuanya dari mutiara yang dipadukan baik dengan emas maupun perak. Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera anda dan juga anggaran yang anda miliki tentunya. Berbagai toko yang ada juga sudah menyediakan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit maupun dengan dollar.

Banyumulek

Sebenarnya ada tiga tempat yaitu banyumulek, masgabik, dan penunjak yang merupakan sentra penghasil gerabah khas yanga ada di Lombok. Banyumulek sendiri ada di kecamatan kediri kabupaten lombok barat. Sedangkan masgabik sendiri ada di Lombok Timur. Setiap daerahnya merupakan pusat oleh-oleh di lombok dengan ciri khasnya masing-masing. masgabik sendiri memiliki ciri khas yaitu dengan dekorasi berupa toreh dan juga geometris dan juga menggunakan kerang laut sebagai hiasan. Sedangkan di penunjak terkenal dengan bentuknya yaitu cerek maling. Sedangkan di banyumulek sendiri ada berbagai bentuk tembikar yaitu misalnya periuk, gentong, anglo, wajan dan juga kuali serta berbagai bentuk tembikar lainnya.

banyumulek lombok barat

Berbagai contoh diatas merupakan pusat oleh-oleh di lombok yang bisa anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh untuk sanak saudara yang ada dirumah. Anda dapat memilih salah satu oleh-oleh khas lombok yang tentunya tidak dapat ditemui ditempat lainnya. Usahakan untuk membeli barang khas dari tempat yang anda kunjungi sehingga dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *